Minggu, 21 April 2013

Cara Mengetahui Madu Asli

Madu
foto: istimewa
Hai saudaraku, beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan salah satu senior saya di kampus. Setelah berbincang-bincang ternyata beliau berasal dari Sumbawa, yap, siapa yang tidak kenal dengan madu Sumbawa yang melegenda. Sontak saja dia memberitahu saya beberapa tips bagaimana mengetahui  madu asli atau tidak. Sebenarnya saya juga yang memintanya menjelaskan lebih banyak, kebetulan beliau ketika itu baru saja meminum madu yang dibawa teman saya. Nah, langsung saja nih sob saya bagi tipsnya (jadi ini langsung saya dapat dari ahlinya, orang sumbawa langsung, karena beliau bertahun-tahun hidup dengan berbagai pengalaman soal madu, kata beliau, hehe)

1. Letakkan di atas koran
Untuk mengetahui tingkat kualitas madu yang baik, saya mempunyai cara yang sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan menuangkan madu diatas koran atau tissu. Kemudian lihat, jika madu yang kita tuangkan meresap cepat atau menyebar di atas kertas koran atau tissu tadi, maka tingkat kualitas madu itu buruk. Mengapa? Hal ini dikarenakan madu tersebut telah mengandung banyak air, makanya ia cepat meresap di kertas tadi. mudahkan? :)

2. Tuangkan ke dalam air
Cara yang satu ini tak kalah sederhananya sob dengan cara pertama. Cukup kita tuangkan saja madu tersebut ke dalam segelas air dan perhatikan. Madu yang baik dan berkualitas adalah yang ketika kita tuangkan kedalam air madu itu tidak segera menyebar dan bercampur dengan air layaknya sirup. Kondisinya seperti jel, bahkan jika kita aduk madu tersebut tidak mudah bercampur dengan air. Hal ini lagi-lagi dipengaruhi oleh kandungan air di dalam madu tersebut.

3. Bekukan jika bisa
Nah, cara yang ini sedikit lama karena kita harus menunggunya beberapa waktu. Yap, masukkanlah madu anda ke dalam kulkas atau freezer dan tunggulah beberapa jam, yah setidaknya setara dengan waktu anda membuat es batu. Ajaibnya madu yang asli dan berkualitas tidak akan beku, selamanya tidak akan pernah, begitu kata senior saya, hehe tentunya yah kalau kita turunkan suhunya sampai tiik beku madu mungkin juga akan membeku, tapi untuk ukuran suhu freezer madu tidak akan membeku, saya simpulkan titik beku madu sangatlah rendah.

4. Simpanlah madu anda
Madu yang asli dan berkualitas jika disimpan dalam kurun waktu yang sangat lama dia tidak akan basi. Coba saja jika tidak percaya, tapi apakah anda mau untuk menunggu madu anda terus tersimpan di dalam lemari tanpa anda sentuh? Untuk apa anda beli kalau tidak dimakan, hehe. Yah tidak ada salahnya sob anda mencoba cara ini, ingat, mungkin kalian tidak menuai hasilnya, tapi mungkin keturunan kitalah yang akan merasakannya (tsaaah)
hal ini disebabkan madu mengandung anti bakteri dan lebah sendiri menghasilkan anti bakteri yang disebut propolis yang digunakannya untuk membungkus kotoran atau bangkai di sarang lebah agar tak mencemari sarang.

5. letakkan kuning telur di atasnya
 walaupun saya belum mencobanya ada baiknya anda coba cara ini [silahkan berbagi hasilnya nanti sob di komen :)]. Letakkanlah kuning telur di atas madu dan tunggu beberapa saat, jika madu anda berkualitas tinggi, kuning telur tersebut akan matang! Kuning telur tadi perlahan-lahan akan mengkristal seperti ketika kita rebus. ini disebabkan pengaruh madu yang memiliki sifat panas.

6. Meminumnya
Minumlah madu anda dan rasakan. Ketika madu tersebut ditenggorokan, madu tersebut tidak akan terasa seret atau membuat anda terasa seperti sedang serak di tenggorokan. Cara ini memang paling sulit diantara cara-cara yang lain karena tidak semua orang bisa melakukan teknik ini, butuh latihan dan panduan dari yang sudah ahli. Juga madu yang berkualitas jika anda minum dalam jumlah banyak akan terasa agak panas di otak, namun hal ini tidaklah membahayakan.

7. Nyalakan korek
Nah cara ini cukup unik sob, bahkan senior saya yang dari sumbawa asli saja belum pernah mencobanya, hehe. Ambil sebatang korek dan celupkan ujungnya yang terdapat pemantik kedalam madu. Lalu coba pantikkan atau nyalakan korek tersebut, jika ia menyala maka madu yang anda miliki berkualitas tinggi. Hal ini lagi-lagi dipengaruhi kandungan air yang ada di dalam madu, pastinya api tidak akan menyala jika ia basah atau dengan kata lain mengandung air. Unik memang.

8. Uji kelarutan
Tuangkan madu ke dalam gelas berisikan air hangat, lalu perhatikan. Madu asli akan langsung mengendap di dasar gelas dan tidak larut dengan air. Lalu langkah selanjutnya aduklah, perhatikan, jika air tadi berubah menjadi keruh maka madu tersebut asli, namun jika tidak maka kemungkinan madu anda sudah tidak murni lagi.  Langkah terakhir aduk dengan cepat, perhatikan busa yang muncul, pada madu asli, busa yang muncul tidak cepat menghilang, namun madu yang sudah tercampur dan tidak murni lagi, busanya akan hilang dengan segera.

9. Tuangkan madu diatas piring
Jika anda menaruh madu diatas piring lalu anda campurkan air kemudian anda goyang-goyangkan maka madu yang baik akan membentuk pola kotak-kotak atau seperti sarang lebah


Nah itu dia sob beberapa tips unik yang saya dapatkan untuk mengetahui madu asli atau tidak. Kesimpulannya madu yang baik adalah yang memiliki kandungan air paling sedikit bahkan tidak ada, untuk warna madu memang berbeda-beda tergantung jenis dan dari wilayah mana diambil madu tersebut, bukan sebagai ukuran madu asli atau tidak.
Sobat silahkan komen jika ada yang sudah mencoba tips-tips diatas dan silahkan memberikan testimoninya, selamat mencoba ^^

2 komentar: